perubahan keuangan saat pjj akibat pandemi covid19

     Beberapa bulan ini, aktivitas masyarakat Indonesia sangat berbeda.ya sangat² berbeda,karena adannya covid19.perubahan covid19 kehidupan begitu terasa.seperti sekolah contohnya.sekolah diliburkan begitu lama sampai² bosan di rumah terus.itu karena pandemi covid19 sngat mudah tertular bagi siapapun tidah mengenal usia.setelah beberapa bulan masyarakat Indonesia membatasi aktivitas nya,kini pemerintah mulah menormalkan aktivitas masyarakat namun dengan sangat berdampak akibat terlalu lama tidak bekerja.
     Bagaimana tentang kondisi perekonomian masyarakat Indonesia.saya akan menceritakan secara terperinci kondisi keuangan keluarga saya sendiri,karena orang tua saya yang hanya berjualan di warung makan kecil²lan di pinggir jalan seperti inilah warung orang tua saya,orang tua saya mendapatkan sekitar 2,5 juta bersih sebelum adanya pandemi.tapi setelah pandemi sedikit berkurang menjadi Rp2.000.000 kurang lebihnya.syukurlah itu cukup buat makan sehari² dan beli kuota untuk sarana bersekolah adik dan saya.cara sekolah sekarang berbeda ya,karena sekarang pjj namanya yaitu pelajaran jarak jauh.setidaknya orang tua saya mengeluarkan biaya Rp150.000 lebih perbulannya untuk sekolah saya dan adik daya.Sekitar Rp120.000 untuk beli paket unlimited dua android perbulannya kemudian sisanya buat beli perlengkapan nya.
    Seperti itulah kondisi ekonomi keluarga, saya dan saya bersyukur sudah beberapa bulan ini keluarga saya dapat keringanan dari pemerintah yaitu uang Rp600.000/bulan nya,itu sangat membantu.

Sonia Diah Puji Lestari
~Sabtu,25 Juli 2020
     

Komentar