Masakan Urap My Family Style




Penulis: Sonia Diah Puji Lestari
Kelas: XII IPS 5
No.:32
Tugas Sosiologi

1. Cerita dibalik masakan

Urap adalah hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa. Urap sama sekali tidak mengandung daging, dan dapat dimakan begitu saja sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran teman nasi sebagai bagian dari hidangan lengkap. Urap biasanya merupakan syarat atau hidangan penting sebagi sayur pengiring dan pelengkap tumpeng Jawa.


2. Jenis Masakan

Jenis masakan yang saya buat adalah salad sayur urap yang memiliki rasa yang gurih pedas dan manis.

3. Bahan-bahan masakan 

Bahan-bahan
Sayur :
Kacang panjang, sawi putih, tauge, daun singkong, daun kenikir
1 bj kelapa parut (jangan terlalu muda/tua)
Bahan bumbu halus :
5 bj bawang merah
3 bj bawang putih
5 bj cabe merah (buang biji)
6 bj cabe rawit (sesuai selera)
2 bj kunyit 1cm
2 bj kencur 2cm
3 sdm gula merah
3 bj daun jeruk
Sejumput garam
Sejumput gula

4. Cara meracik

Resep masakan ini saya belajar dari nenek saya, dan saya di berikan arahan cara memasak urap ini, karena bahan nya yang mudah di dapat dan tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya sehingga masakan ini cukup diminati keluarga saya.

5. Cara Memasak

Cuci bersih sayur, lalu rebus 1 per 1
Ulek bumbu sampai halus (bisa juga di blender)
Camupurkan dg kelapa parut
Bungkus, lalu kukus selama 20mnt
Siap disajikan

6. Teknik memasak

Urap dimasak dengan cara di kukus.Urap tidak memerlukan waktu lama untuk memasaknya,cukup masukan semua bahan lalu kukus, haluskan bumbu dan campur dengan kelapa parut kemudian kukus bersama sayur setelah selesai di kukus campur semua sayur dan bumbu.

7. Cara menghidangkan

Potong potong sayuran sesuai selera, pisahkan setiap jenis sayuran.
Didihkan air untuk mengukus sayuran (saya kukus wortel, kacang panjang, kubis). Untuk bayam dan kecambah saya rebus sebentar saja). Jika dirasa sudah cukup matang. Angkat dan tiriskan
Sambil menunggu sayuran matang, siapkan bumbu halus. Haluskan semua bumbu kecuali garam dan penyedap (saya : blender semua bumbu ditambah air).
Panaskan wajan, masukkan bumbu halus tanpa minyak, saya pilih sangrai supaya bumbu gak cepat basi dan gak berminyak. Sangrai sampai harum dan air menyusut
Tambahkan parutan kelapa, garam, penyedap dan gula putih secukupnya. Aduk-aduk terus hingga rata dan kelapa matang. Cek rasa, angkat.
Setelah matang, campur dengan sayuran. Dilengkapi ikan teri (opsional).

8. Kapan dan bersama siapa dinikmati

Urap biasanya dapat dinikmati kapan saja bersama keluarga untuk lauk dan makanan sehari hari yang cukup mudah di buat.Urap biasanya dinikmati keluarga saya saat sarapan apalagi dengan nasi hangat ayah saya sangat suka dengan sayur asem ini saya dan ibu saya juga suka.

9. Kekhasan cita rasa

Urap memiliki cita rasa yang khas karena rasa nya yang cukup lezat dan aroma yang memancing selera makan kita.

10. Hal menarik dari masakan

Hal yang menarik dari urap adalah rasa dan bahan masakan yang mudah didapat dan teknik memasaknya tidak memerlukan waktu yang lama. 

11. Peluang menjadi kuliner andalan / kuliner warung / warung online

Sekarang sudah banyak warung makan modern yang cukup banyak dikalangan masyarakat apalagi sekarang banyak menggunakan masakan yang mudah di buat dengan cara instan.urap ini cocok untuk menu masakan sehari hari atau untuk menu makan siang bersama keluarga yang sangat cocok dan mudah sekali untuk membuatnya. 

12. Kenadala stok bahan masakan

Tidak ada kendala,dikarenakan bahan untuk membuat urap sudah banyak tersedia di lingkungan rumah ,dan banyak juga di jual dipasaran ,juga diwarung-warung terdekat.

13 Februari 2021










Komentar